Kenali Perbedaan Disinfeksi dan Sterilisasi dari Jasa Semprot Disinfektan

By | February 9, 2021

Selama wabah Covid-19 menyerang di Indonesia ini, membuat banyak warga akhirnya memutuskan untuk melakukan disinfeksi dan sterilisasi baik secara mandiri atau menggunakan jasa semprot disinfektan. Lantas apakah perbedaan dari kedua istilah tersebut dalam membasmi virus?

Pengertian Disinfeksi dari Jasa Semprot Disinfektan

Istilah disinfektan ini memang sering didengar akhir-akhir ini. Informasi mengenai cara pembuatan cairan disinfeksi pun sudah bisa diperoleh dengan mudah baik di internet. Terutama bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri atau ingin tahu proses peracikannya bersama perusahaan jasa tersebut.

Sementara pengertian disinfeksi adalah proses pembasmian, perusakan dan penghambatan dalam pertumbuhan mikroba yang dapat menyebabkan masalah kesehatan atau penyakit. Salah satu gangguan dari perkembangbiakan mikroorganisme patogen yaitu pembusukan pada berbagai barang.

Proses disinfeksi ini akan menggunakan bantuan bahan kimia yang biasa disebut sebagai cairan disinfektan. Jadi tujuannya sendiri adalah mengurangi probabilitas berkembangnya segala jenis virus, bakteri dan kuman agar tidak memberikan penyebab lebih berbahaya bagi makhluk hidup lainnya.

Pengertian Sterilisasi

Lain halnya dengan sterilisasi yang menjadi proses pemusnahan dan penghancuran segala jenis mikroorganisme sekaligus sporanya. Bisa dikatakan jika upaya ini akan membasmi semua kehidupannya termasuk pada bibitnya agar benar-benar mati tidak tersisa lagi untuk hidup.

Sterilisasi pun dibedakan menjadi tiga jenis yaitu mekanik, kimiawi dan fisik. Ketiganya memiliki proses perlakuan yang berbeda sesuai dengan namanya. Upaya ini dilakukan guna membunuh semua jenis mikroorganisme dari telur sampai bentuk fisiknya. Alatnya pun juga tidak sama untuk digunakan.

Sterilisasi mekanik akan dilakukan dengan manual yakni menggunakan proses penyaringan dengan pori-pori saringan antara 0,22 sampai 0,45 mikron. Semetara fisik memanfaatkan tahap penyinaran dan pemanasan. Lain halnya pada jenis kimiawi dimana hampir sama seperti disinfektan.

Jadi ada sedikit perbedaan antar disinfeksi dan sterilisasi. Anda pun bisa melakukannya bersama dengan jasa semprot disinfektan agar hasilnya benar-benar efektif. Penggunaan bahan kimia juga perlu dilakukan secara teliti karena berpengaruh besar terhadap tingkat efektivitas untuk membasmi virus. Dengan begitu, rumah pun akan aman dan terlindung dari beberapa hal berbahaya.