5 Makanan Khas Myanmar

Makanan khas Myanmar rupanya turut meramaikan dunia kuliner di Asia seperti pembahasan oleh situs makananoleholeh.com. Kebanyakan makanan dari Myanmar memiliki citarasa lokal yang gurih dan juga lezat. Tidak hanya itu saja tetapi nama dari tiap makanan juga terdengar unik sehingga membuat para wisatawan menjadi penasaran. Masakan Myanmar umumnya diolah dengan menggunakan bumbu rempah. Maka tak heran bila masakan negara ini memiliki aroma nikmat yang sangat kuat karena rempah-rempah yang digunakannya tersebut. Berikut ini beberapa makanan khas Myanmar yang dapat dicicipi saat sedang berkunjung ke negara tersebut.

5 Makanan Khas Myanmar

1. Laphet thohk

Laphet thohk menjadi salah satu makanan khas Myanmar yang paling populer. Makanan ini terbuat dari daun teh yang difermentasikan dan kemudian ditambah dengan bahan lainnya. Seperti misalnya kacang polong goreng dan biji wijen panggang serta bawang putih goreng dan lainnya. Biasanya makanan ini ditambahkan pula dengan air jeruk nipis yang segar atau saus ikan. Makanan ini bisa Anda sajikan saat Anda sedang kedatangan tamu.

2. Mohinga

Makanan khas Myanmar yang bernama mohinga adalah makanan yang berupa sup ikan. Sup ikan ini kemudian disajikan dengan tambahan mie beras dan juga bumbu. Biasanya bumbu dibuat dengan menggunakan bahan kunyit dan jahe serta bubuk cabai dan juga bawang putih serta serai. Makanan ini seringkali dianggap sebagai hidangan nasional Myanmar yang umumnya dihidangkan pada saat sarapan. Anda juga bisa memakannya sebagai camilan kapan saja baik di siang hari maupun di malam hari. Mie beras yang dihidangkan degan kuah sup ikan ini tentunya akan menjadi makanan terlezat bagi Anda.

3. Mala hin

Makanan khas Myanmar ini sangat disarankan bagi Anda yang merupakan vegetarian. Mala hin memang merupakan salah satu makanan yang sangat cocok bagi para vegetarian. Sebab makanan ini menyajikan berbagai macam sayuran. Biasanya di dalam seporsi mala hin terdapat tahu dan kacang serta bihun dan wortel. Selain itu ada pula kacang polong dan kailan serta sayuran lainnya di dalam mala hin. Kemudian sayuran tersebut disiram dengan saus kacang pedas dan bahkan kemudian ditaburi pula dengan kacang.

4. Shan khao swe

Shan khao swe seringkali disebut pula dengan nama mie shan. Makanan khas Myanmar ini merupakan kombinasi antara mie beras yang dicampur dengan daging ayam atau daging babi. Selain itu ada pula bahan lain yang dicampurkan ke dalam mie shan ini. Seperti misalnya bawang putih dan tomat serta cabe dan juga kacang panggang yang kemudian dihancurkan di dalam kuah kaldu. Dengan adanya kombinasi ini maka makanan mie shan akan menjadi hidangan lezat di Myanmar.

5. Samusa thouk

Makanan khas Myanmar ini termasuk sebagai makanan kaki lima yang cukup populer di Myanmar. Samusa thoukini sebenarnya merupakan makanan sejenissup yang terdiri dari kubis dan wortel serta paprika. Kemudian di dalam sup itu ditambahkan pula samosa yang merupakan gorengan berbentuk segitiga dan berisi daging. Sup ini memiliki kuah yang cukup kental dan dimasak dengan menggunakan banyak rempah.

Makanan khas Myanmar seperti yang telah disebutkan di atas bisa menjadi opsi yang tepat bagi kalian yang sedang mengunjungi negara tersebut. Pastinya citarasa dari menu kuliner ini sanggup memberikan kesan yang menawan saat dicicipi. Bila belum memiliki kesempatan untuk bertandang ke negeri Myanmar, cobalah memasak ulang resepnya yang ada di dunia maya. Dijamin sama lezat dan gurihnya.