3 Keutamaan Shalat Dhuha sesuai Ilmu Fiqih

Shalat dhuha tidak hanya bermanfaat untuk menambah pahala atau mendekatkan diri pada Allah semata. Namun, di dalamnya terdapat banyak keutamaan yang bisa diraih oleh seorang hamba jika melakukannya secara benar menurut fiqih dan juga rutin atau istiqomah.

3 Keutamaan Shalat Dhuha sesuai Ilmu Fiqih
Keutamaan Shalat Dhuha bagi Umat Muslim

Di dalam shalat dhuha terdapat banyak keutamaan yang dapat diraih oleh umat muslim. Terlebih lagi jika melakukannya secara rutin dan istiqomah. Berbagai tata caranya bisa dilihat pada Media Pelajaran Fiqih Online serta berikut intisari mengenai faedahnya:

1. Sebagai Pengganti Sedekah untuk Diri Sendiri
Melakukan shalat dhuha dikatakan dapat menjadi pengganti sedekah pada diri sendiri. Hal ini sesuai dengan hadis Rasul menjelaskan bahwa setiap hamba yang mengerjakan ibadah tersebut sama halnya dengan melakukan dzikir untuk setiap sendi tubuhnya.
Hal ini dikarenakan dari seluruh sendi dalam tubuh manusia hendaknya dikeluarkan sedekah setiap harinya. Cara melakukannya dengan membaca dzikir seperti tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Namun, bisa pula disempurnakan melalui shalat dhuha di siang hari.

2. Dapat Menggugurkan Dosa
Mengerjakan shalat dhuha menurut fiqih juga dapat menggugurkan dosa-dosanya terutama jika melaksanakannya secara rutin dan istiqomah setiap hari. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul yang akan diampuni kesalahannya meskipun sebanyak buih di lautan.
Tak hanya itu, jika melaksanakan shalat dhuha tanpa terputus waktunya dari pelaksanaan yang fardhu yakni subuh maka akan dihapus dosa-dosanya bagaikan bayi baru lahir. Hal ini tentu saja diiringi dengan melakukan dzikir dan amalan lainnya sembari menunggu waktu.

3. Dicukupi Kebutuhannya
Telah dijelaskan dalam beberapa hadis bahwa mengerjakan shalat dhuha secara rutin akan diberi ganjaran lain berupa pemenuhan kebutuhannya sehari-hari dari pagi hingga sore. Tentu saja hal ini merupakan keutamaan yang memudahkan kehidupan seorang hamba.
Ganjaran dipenuhi segala kebutuhannya tentu bisa menentramkan hati dan pikiran seorang hamba yang rajin melaksanakan shalat dhuha. Menjadikan lebih fokus untuk beribadah dan bekerja dan memasrahkan hasilnya pada Allah semata.

Selain ketiga hal diatas, tentu saja masih banyak sekali keutamaan dari mengerjakan shalat dhuha terutama secara rutin dan istiqomah. Umat muslim pun sebaiknya juga menambah dengan amalan tersebut karena juga dianjurkan oleh Rasulullah.

Hal ini juga diatur dengan jelas dalam ilmu fiqih yang membahas tentang ibadah. Untuk keterangan lebih lanjut bisa mencari sumber dari ustad maupun ulama shahih.